Short Note After Jack

Jakarta, udah ngga perlu nyari di gugle untuk tau seperti apa ibukota Indonesia tercinta ini. Setiap hari, dari pagi sampai sore, dibanyak stasiun televisi memberitakan apapun yang terjadi di jakarta. Selain televisi, portal berita online, koran, dan beberapa radio pun terintegrasi dengan siaran dipusat. Rasanya ngga mungkin kalo satu hari tanpa berita apapun tentang Jakarta. Mau politik, sosial, budaya, ekonomi, hiburan dan blablabla semua terjadi disini dan memang harus disorot, karena apapun yang terjadi disini jadi panutan satu Indonesia, gambaran umum dari Indonesia, dan berperpengaruh juga buat Indonesia.
Banyak ulasan, gamabaran, cerita tentang Jakarta. Banyak pula spekulasi dari orang luar. Jakarta adalah seteguk air dipadang pasir atau kemarau panjang, diperebutkan banyak orang, dan siapapun bisa saling membunuh untuk mendapatnya dan bertahan hidup. Orang-orang diluar lingkaran itu bisa saja menggap ironinya masyarakat yang berbondong-bondong mengadu nasib di Jakarta adalah bodoh. Sebagian lagi memang tergiur dengan kota metropolitan dengan segalanya ini. Dan yang didalamnya memilih menjalani hidup disini.
Seperti aku yang cuma jinjit-jinjit menginjak tanah Sunda Kelapa, selebihnya ya tau dari media massa dan cerita temen, memang melihat Jakarta sebagai surga dan kadang neraka. Tapi hidup di Jarkarta itu bukan hanya sempit pada ulasan di media massa atau cerita temen. Hidup di dalamnya perlu dilihat dan dijalani dari beragam sisi. Liburan semester ini aku dapat peluang magang di Asia PR, salah satu Public Relations consultant di Jakarta. Kaya apa magang disini? Belum disesi ini.
Ini baru awal hidup di Jakarta, diawali dengan buka di kereta dan sahur di stasiun Jatinegara. Untung ada temen seperjuangan, Saum dan Nandut. Nandut yang berbaik hati nampung kita dirumahnya sebelum kita dapet kos deket tempat magang. Untuk sampai kerumah nandut kita pilih taxi karena baru jam 3 pagi. Entah apa nama armadanya yang jelas taxi Jakarta mah emang gitu. Argo sih pake, tarif normal ngga diakalin, tapi embel-embel tetep menyertai. Sebelum cabut dari Jatinegara, si supir minta uang parkir goceng, entah bagaimana seharusnya yaa ngalah aja. Sampe depan rumah, si supir masih minta lagi uang parkir buat nanti setelah balik ke stasiun. Grrrr... kita jawab aja emang gue pikirin, elu yang parkir kenapa kita yg tanggung? Lu kira gue emak lu?! Tapi itu dibenakku aja, karena Nandut orangnya nyah-nyoh dan ogah ribut sama supir taxi jam 3 pagi diberilah doi uang parkir goceng lagi. Mending naik angkot yang walopun si supir nyetirnya kaya pembalap gitu, sampai badannya serong kanan kiri depan belakang tapi harganya standar dan tanpa ppp (pajak pemindahan parkir). Hehehe.
Dirumah nandut, seperti sebelumnya, selalu disambut ramah. Mbaknya nandut sampe belain pindah kamar nandut demi kamarnya sipake aku sama Saum. Si Mbok (pembantu setianya nanda selama 15 taun) setia juga masakin macem-macem. Dan mamahnya Nanda ikut bantuin cari kos juga, karena nyari kos di Jakarta ngga semudah dan semurah di Solo. Dan Nanda sendiri yang setia nganter kita nyari kos. Kalo selama ini yang keliatan di tivi, orang kaya yang dugem atau kongkow-kongkow, nyatanya kita masih bisa sholat jamaah bareng keluarganya Nandut tiap subuh sama maghrib. Sholat tarawih pun semua keluarga termasuk si Mbok berangkat ke masjid. Justru dirumahku sendiri sudah lama tak sholat jamaah atau sekeluarga sholat tarawih di masjid. Ini bukan curhat atau bandingin keluarga, artinya banyak hal positif di Jakarta kenapa harus negatif yang dilihatkan?

Bersyukur Ada Tapinya
Nyari kos di Jakarta ngga bisa pake standar di Solo. Kalo di Solo per bulan 600k dapet kos kelas atas dengan AC, kamarmandi dalam dan wifi. Di Jakarta harga itu kos kelas ekonomi, adalah kos di pemukiman padat penduduk, sekat triplex, kipas angin, kamar mandi luar, lantai 3 musti naik turun buat ke dapur atau toilet, jemur di depan kamar. Terus ngga bersyukur gitu dapet kos murah? No, no, no. Bersyukur banget, karena biarpun diisi berdua harganya tetep, kasur springbed, lemari ada, meja ada, dapur walopun menyatu sama ibunya tapi no problemo, luasnya lumayan lah buat tidur plus aku sama Saum guling-guling. Meskipun dipemukiman padat penduduk, daerahnya ngga kumuh, dan di gang situ ada masjidnya juga, yang buka warung kelontong ada warung makan ada juga, dari kantor jalan kaki 30 menit lah. Yang paling juara si ibu pemilik kos orang Solo yang belum ilang jowone. Ramah dan baik bet. Nah mungkin bisa jadi rekomendasi, letaknya di jalan Petogogan berapa ya lupa, ehehehe. Pokoknya berbatasan aja sama Jalan Antene 5.
Tapi..., nah lo kok masih ada tapinya?
Entah harus toleransi tinggi atau cuek? Kos disini bukan kaya di Solo yang antar penghuni saling kenal, ramah tamah dan saling menghargai. Satunya diajak kenalan cuek, satunya kalo muter lagu kenceng ampe larut malam. Ini harusnya ngga mengganggu, asal aku entah harus toleransi atau cuek atau tepatnya bersyukur.
Bagaimana pun hidup di Jakarta itu surga kalo kita menjalalinya dengan benar, tapi kalau tidak, inilah neraka.

No comments:

Post a Comment